Dasar-dasar sebelum mendesain stuktur cakar ayam yang kuat


Terdapat banyak jenis pondasi yang digunakan di sebagian bangunan di Indonesia . Salah satunya merupakan pondasi cakar ayam . Dilihat dari namanya saja jika jenis pondasi ini merupakan asli buatan Indonesia . 

Ia merupakan Profesor . Dokter . Ir . Sedijatmo yang menciptakan konsep pondasi cakar ayam .

Sejarah pondasi cakar ayam ini merupakan kala Profesor . Dokter . Ir . Sedijatmo lagi melaksanakan pekerjaannya bagaikan pejabat di industri listrik negeri ( PLN ) . Dia wajib mendirikan 7 tower listrik tegangan tinggi 

Di wilayah berawa - rawa dekat Ancol , Jakarta pada tahun 1961 . seluruh tower tersebut nantinya hendak menyalurkan listrik dari Tanjung Priok ke Gelanggang Berolahraga Senayan . Di mana pada tahun 1962 hendak diselenggarakan acara berolahraga Asian Games.

Dia mengerti kalau buat mendirikan menara - tower di atas tanah rawa memerlukan pondasi yang sanggup mencengkeram tanah gambut dengan baik . Oleh sebab itu Ir . Sedijatmo menghasilkan suatu desain baru pondasi .

Jenis pondasi yang digunakan buat tower listrik tersebut berbentuk plat beton lebar dengan bonus pipa - pipa beton masuk ke dalam tanah . Pipa - pipa beton tersebut mencengkeram tanah dengan kokoh semacam kaki ayam . Oleh sebab itu pondasi ini diberi nama oleh Profesor . Dokter . Ir . Sedijatmo dengan istilah Pondasi Cakar Ayam . Pondasi cakar ayam setelah itu tumbuh serta populer sampai manca negeri .

Dikala ini telah banyak yang mempraktikkan pondasi cakar ayam buat bangunan - bangunan besar spesialnya bangunan di atas tanah rawa .

Pondasi cakar ayam setelah itu tumbuh serta populer sampai manca negeri . Dikala ini telah banyak yang mempraktikkan pondasi cakar ayam buat bangunan - bangunan besar spesialnya bangunan di atas tanah rawa .

Kedalaman pipa beton cuma dekat 6 meter ataupun cocok perhitungan struktur . Berbeda dengan pondasi dalam tiang pancang yang dapat menggapai puluhan m di bawah tanah .

Plat beton jadi satu kesatuan di dasar bangunan . Sehingga sangat solid sekali . Plat beton ini nyaris mirip dengan jenis pondasi Raft . Kelainannya buat pondasi cakar ayam mempunyai pipa beton di bawahnya serta ketebalannya lebih tipis dari pondasi raft .
Kelebihan Struktur Pondasi Cakar Ayam 
  1.  Bisa dibentuk di atas tanah rawa / gambut / lembek . Pondasi cakar ayam ini memanglah awal kali diciptakan buat kebutuhan bangunan di atas tanah rawa . Sehingga memiliki guna buat menghasilkan energi dukung tanah yang besar lewat wujud struktur pondasi cakar ayam .
  2.  Tidak memerlukan sistem drainase sebab struktur pondasi cakar ayam terdiri dari beton yang solid sehingga tidak terdapat ruang serta celah .
Kekurangan struktur pondasi cakar ayam bayaran pembuatan pondasi cakar ayam lumayan mahal sebab memakai beton dalam jumlah banyak .
  1.  Tidak sesuai buat bangunan rumah tinggal sebab jenis pondasi cakar ayam umumnya diperuntukkan untuk bangunan yang luas . 
Poses Pembuatan cakar Ayam
  1.  Fabrikasi pembesian terlebih dahulu
  2.  Penyiapan lahan bisa berbentuk Clearing serta perataan tanah .
  3. Galian tanah buat pipa - pipa beton.
  4.  Pemasangan besi pada pipa beton
  5. Pemasangan bekisting Buat pipa beton
  6. Pemasangan besi Pada struktur pelat .
  7. Pengecoran struktur pipa beton serta pelat .
Terima kasih telah mengunjungi blog ini.

0 Response to "Dasar-dasar sebelum mendesain stuktur cakar ayam yang kuat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel