Hal-hal Yang Wajib Dilakukan Saat Terjadi Gempa Bumi


Pada artikel kali ini saya tergerak untuk menulis suatu postingan tentang apa saja yang harus dilakukan apabila terjadi  gempa bumi
misalnya disaat anda terletak dalam ruangan atau diluar ruangan.Apalagi akhir- akhir ini banyak sekali kejadian gempa bumi yang menyebabkan banyak sekali korban jiwa paling utama di area sekolah serta pemukiman padat penduduk.

 Seperti yang kita ketahui bahwa korban terbanyak merupakan dari kalangan anak- anak serta wanita. Misalnya contoh di dalam area sekolah ada banyak siswa yang sedang melakukan aktivitas belajar. 0leh sebab itu butuh diadakan kegiatan sosialisasi terhadap siswa serta guru tentang tindakan- tindakan apa saja yang wajib dilakukan untuk menyelamatkan diri dari runtuhan bangunan. 

Pada prinsipnya seluruh tindakan yang wajib dilakukan diantara  area sekolah ataupun di rumah sama tetapi karena rentan yang  sangat besar terdapat pada anak- anak hingga  saya mengambil Contoh di area sekolah. 
Terdapat 3 kelompok yang rentan di sekolah antara lain murid/ siswa, guru, serta karyawan.

Hal-hal yang harus dilakukan saat terjadi gempa antara lain.
Apabila Di dalam ruangan.

  1. Apabila berada didalam bangunan, Segera berlindung dibawah rangka bangunan ataupun dikolong barang yang kuat( Meja, Sofa dll),
  2. Jika dirasa telah berhenti, keluarlah menuju arah tempat terbuka memakai tangga darurat.
  3. Menjauhlah dari jendela kaca serta benda- benda yang berpotensi akan jatuh( Lampu, Lemari, Vas Bunga dll),
  4. Pada saat keluar ruangan, Simak petunjuk jalur yang Telah tertempel pada dinding. Petunjuk arah di dinding akan mengarahkan  kamu ke titik kumpul.
Apabila Di luar Ruangan

  1. Cari tempat terbuka yang jauh dari bangunan, tiang listrik, baliho, pohon serta bangunan berpotensi akan roboh.
  2. Apabila sedang mengemudi, berhentilah sejenak dan  menghindar dari jembatan ataupun terowongan.
  3. Apabila  berada di pegunungan, jauhi lereng dan jurang serta waspadalah dengan reruntuhan batu ataupun tanah longsor akibat gempa.
  4. Apabila berada di tepi laut, segeralah berpindah kedaerah yang lebih tinggi untuk menjauhi apabila terjadinya gempa yang berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Dalam mengambil suatu tindakan saat terjadinya  gempa bumi yang harus dilakukan dengan tenang serta tidak panik. Pentingnya kedudukan guru dalam membagikan informasi- Informasi tentang mitigasi musibah paling utama pada disaat tanggap darurat bencana, sehingga mampu meningkatkan keahlian anak dalam mengalami kondisi darurat gempa bumi. Umumnya anak- anak yang telah terbiasa memperoleh penyuluhan tentang mitigasi bencana akan lebih siap daripada anak yang tidak dapat penyuluhan tentang mitigasi.

Tidak hanya dari keahlian orang dalam menyelamatkan diri dari gempa bumi, pihak dari lembaga sekolah pula wajib menunjang penuh seluruh program berkaitan dengan tanggap darurat gempa bumi serta sediakan fasilitas- sarana penunjang semacam petunjuk jalan evakuasi, titik kumpul/ muster point, papan data berkaitan tanggap darurat, dan sebagainya. Sehingga seluruh siswa mengenali dengan jelas tindakan- aksi apa yang wajib dilakukan disaat terjadi bencana gempa bumi.

    Terima kasih telah mengunjungi blog ini.....

0 Response to "Hal-hal Yang Wajib Dilakukan Saat Terjadi Gempa Bumi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel